Minggu, 19 Mei 2013

tugas kuliah design Pattern



STATE OF THE ART  DESIGN PATTERN



KELOMPOK DESIGN PATTERN


PIS 11-SDV-02


NAMA





ZAINUL HAQ DONGORAN(30111254)

DWI HARIYADI (30111483)












POLITEKNIK TELKOM




Design  pattern adalah unsur unsur rancangan yang sering muncul pada berbagai sistem yang berbeda .Jadi setiap kemunculan ini  menguji  pattern tersebut  di berbagai situasi. Semakin terujinya suatu unsur  rancangan sistem berarti semakin matang suatu sistem tersebut _semakin praktis juga akan pemecahan masalah  masalah yang sama  dalam artian  suatu solusi dapat di selesaikan melalui masalah yang sudah teratasi sebelumnya atau dikatakan juga best practices dalam perancangan sistem.
Istilah design pattern di  mulai di  bidang perancangan bangunan oleh Christoper Alexsander dalam bukunya  A Pattern language[Alex77], ia menerangkan pola pola yang ia temui dalam  berbagai rancangan arsitektur bangunan. Yang di katakannya dalam bukunya  sebagai berikut : Each pattern  describe a problem which occurs over and over again in our environment,and      than describes the core of the solution to that  problem,in such a way that you can use this solution a million times over,without over doing the same way twice[Alex7].
Dengan kata lain Design pattern adalah gambaran formal dari suatu masalah serta solusi untuk memecahkan masalah tersebut.Dan setiap pattern harus mempunyai  nama yang sederhana dan deskripsi yan dapat langsung di gunakan  untuk mengacu pada pola tersebut.Dan sebuah pattern  harus mendokumentasikan permasalahan ,pemecahan serta akibat akibat dari penggunaannya [wal100].
Dalam bidang sofware engineering,debut design pattern  di awali oleh Erich Gamma,Richard Helm,Ralp Jhonson dan Jhon Vlissides dalam bunya Design pattern : Elements of Reuse Object Oriented Language [Gamma59].Setelah buku ini kemudian banyak  praktisi dan akademisi  lainnya yang mulai mengkatagorikan pola pola rancangan lainnya  dalam berbagai sofware-insentive  system[Sun01a][Wal100] . Di bahas  dua  arsitekture sofware dalam keterhubungannya  dengan design pattern yaitu model-view-controler dan salah satu variannya  yaitu separable model architecture.
Gang of Four  Patterns
Rancangan  rancangan yang teradapat pada[Gamma95]  secara kolektif di sebut  gang of four pattern[Cop98] bukan karena mereka yang  membuatnya ,namun empat sekawan ini  membuat daftar pola pola  rancangan yang telah stabil  dan di gunakan dalam berbagai sistem  berorientsi object,dan Gamma membagi  design patterns meraka dalam tiga kategori, yaitu :  creational ,struktural, dan behavior
Creational patterns berhubungan dengan penciptaan obyek.  Pola-pola ini berkisar seputar obyek  mana yang diciptakan, siapa yang menciptakannya, serta berapa banyak obyek diciptakan.
Structural patterns berhubungan dengan struktur statis obyek di  kelas. Pola-pola
dalam structural patterns dapat dilihat pada saat program di-compile melalui struktur  inheritance, properties, serta agregasi obyek-obyek.

Behavioral patterns lebih berkenaan terhadap perilaku run-time program.  Pola pola ini berkaitan dengan algoritma serta interaksi antar obyek saat program berjalan.Penekanan behavioral patterns lebih pada komposisi obyek ketimbang inheritance. Sedangkan masing-masing pattern dibahas oleh [Gamm95] sebagai kesatuan dari:
• Name – Merupakan nama yang diberikan pada pola ini.
• Intent – Merupakan pernyataan ringkas yang memberikan permasalahan yang
terjadi serta maksud yang hendak dicapai.
Also Known As – Berbagai alias untuk pola ini, jika ada.
• Motivation – Sebuah skenario yang menerangkan sebuah permasalahan
rancangan dan bagaimana pola ini dapat memecahkannya.
Applicability – Berbagai situasi di mana pola ini dapat diterapkan.
• Structure – Sebuah gambar yang menerangkan hubungan kelas dan obyek
Participants – Berbagai kelas dan/atau obyek yang turut serta dalam pola ini
beserta peranannya.
Collaborations – Bagaimana kerja sama dari para peserta untuk melaksanakan
peranannya masing-masing.
Consequences – Bagaimana pola ini mencapai tujuannya serta kompromi (tradeoff)
yang harus dilakukan dalam penerapannya.
Implementation – Petunjuk, peringatan, serta berbagai teknik yang digunakan
dalam penerapan pola ini.
• Sample Code – Contoh program yang mengilustrasikan penerapan pola ini.
• Known Uses – Contoh-contoh dari penggunaan pola ini pada sebuah sistem
Sungguhan
Related Patterns – Pola-pola lain yang berhubungan dengan pola ini.

            Pola pola di atas adalah pola pola yang sudah di usulkan tabular dalam pengembangan  pola pola  design pattern sebelumnya oleh [Gus99].Dalam artian Design Patten  selalu  berkembang dan terencana  oleh perkembangan perangkat lunak yang semakin sistematis pula .


















Daftar pustaka:

[Achr03] Achrafi, Rabi.  Requirements Tools.  Volere Requirements Resources;
Atlantic Systems Guild, Inc. http://www.volere.co.uk/tools.htm ;
http://www.systemsguild.com/GuildSite/Robs/retools.html

[Adib02] Adibowo, Sasmito.  Developing Handhelds: Targeting Personal Digital
Assistant Platforms.  Arcle Technologies Publications. 6 June 2002.

[Alex77] Alexander, Christopher, Ishikawa, Sara, et. al., A Pattern Language.
Oxford University Press, New York. 1977.
[Gamm95] Gamma, Erich, Richard Helm, Ralph Johnson, and John Vlissides.
Design Patterns: Elements of Reusable Object-Oriented Software.
Addison-Wesley Publishing Company.  1995.
[Gust99] Gustavsson, Andreas, & Mattias Ersson. Formalizing the Intent of Design
Patterns: An Approach Towards a Solution to The Indexing Problem.
Uppsala Universitet, Computing Science Department, Institute of
Technology.  1999.
[Wall00] Wallace, Nathan. Design Patterns in Web Programming.  E-gineer article.
March 8th, 2000. http://www.e-gineer.com/articles.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar