STATE
OF THE ART DESIGN PATTERN
KELOMPOK
DESIGN PATTERN
PIS
11-SDV-02
NAMA
ZAINUL
HAQ DONGORAN(30111254)
DWI
HARIYADI (30111483)
POLITEKNIK
TELKOM
Design
pattern adalah unsur unsur rancangan
yang sering muncul pada berbagai sistem yang berbeda .Jadi setiap kemunculan
ini menguji pattern tersebut di berbagai situasi. Semakin terujinya suatu
unsur rancangan sistem berarti semakin
matang suatu sistem tersebut _semakin praktis juga akan pemecahan masalah masalah yang sama dalam artian
suatu solusi dapat di selesaikan melalui masalah yang sudah teratasi
sebelumnya atau dikatakan juga best
practices dalam perancangan sistem.
Istilah
design pattern di mulai di
bidang perancangan bangunan oleh Christoper Alexsander dalam bukunya A
Pattern language[Alex77], ia menerangkan pola pola yang ia temui dalam berbagai rancangan arsitektur bangunan. Yang
di katakannya dalam bukunya sebagai
berikut : Each pattern describe a problem which occurs over and over
again in our environment,and than describes the core of the solution to
that problem,in such a way that you can
use this solution a million times over,without over doing the same way twice[Alex7].
Dengan
kata lain Design pattern adalah gambaran formal dari suatu masalah serta solusi
untuk memecahkan masalah tersebut.Dan setiap pattern harus mempunyai nama yang sederhana dan deskripsi yan dapat
langsung di gunakan untuk mengacu pada
pola tersebut.Dan sebuah pattern harus
mendokumentasikan permasalahan ,pemecahan serta akibat akibat dari
penggunaannya [wal100].
Dalam
bidang sofware engineering,debut design pattern
di awali oleh Erich Gamma,Richard Helm,Ralp Jhonson dan Jhon Vlissides
dalam bunya Design pattern : Elements of Reuse Object Oriented Language
[Gamma59].Setelah buku ini kemudian banyak
praktisi dan akademisi lainnya
yang mulai mengkatagorikan pola pola rancangan lainnya dalam berbagai sofware-insentive system[Sun01a][Wal100] . Di bahas dua
arsitekture sofware dalam keterhubungannya dengan design pattern yaitu
model-view-controler dan salah satu variannya
yaitu separable model architecture.
Gang
of Four Patterns
Rancangan rancangan yang teradapat pada[Gamma95] secara kolektif di sebut gang of four pattern[Cop98] bukan karena
mereka yang membuatnya ,namun empat
sekawan ini membuat daftar pola pola rancangan yang telah stabil dan di gunakan dalam berbagai sistem berorientsi object,dan Gamma membagi design patterns meraka dalam tiga kategori,
yaitu : creational ,struktural, dan
behavior
Creational patterns berhubungan dengan penciptaan obyek. Pola-pola ini berkisar seputar obyek mana yang diciptakan, siapa yang
menciptakannya, serta berapa banyak obyek diciptakan.
Structural patterns berhubungan dengan struktur statis obyek
di kelas. Pola-pola
dalam structural patterns dapat
dilihat pada saat program di-compile melalui struktur inheritance, properties, serta
agregasi obyek-obyek.
Behavioral patterns lebih berkenaan terhadap perilaku run-time
program. Pola pola ini berkaitan dengan
algoritma serta interaksi antar obyek saat program berjalan.Penekanan behavioral
patterns lebih pada komposisi obyek ketimbang inheritance. Sedangkan
masing-masing pattern dibahas oleh [Gamm95] sebagai kesatuan dari:
• Name – Merupakan nama yang diberikan pada pola ini.
• Intent – Merupakan pernyataan ringkas yang
memberikan permasalahan yang
terjadi serta maksud yang hendak dicapai.
• Also Known As – Berbagai alias
untuk pola ini, jika ada.
• Motivation – Sebuah skenario yang menerangkan sebuah
permasalahan
rancangan dan bagaimana pola ini dapat
memecahkannya.
• Applicability – Berbagai situasi
di mana pola ini dapat diterapkan.
• Structure – Sebuah gambar yang menerangkan hubungan
kelas dan obyek
• Participants – Berbagai kelas
dan/atau obyek yang turut serta dalam pola ini
beserta peranannya.
• Collaborations – Bagaimana kerja
sama dari para peserta untuk melaksanakan
peranannya masing-masing.
• Consequences – Bagaimana pola ini
mencapai tujuannya serta kompromi (tradeoff)
yang harus dilakukan dalam penerapannya.
• Implementation – Petunjuk,
peringatan, serta berbagai teknik yang digunakan
dalam penerapan pola ini.
• Sample Code – Contoh program yang mengilustrasikan
penerapan pola ini.
• Known Uses – Contoh-contoh dari penggunaan pola ini
pada sebuah sistem
Sungguhan
• Related Patterns – Pola-pola lain
yang berhubungan dengan pola ini.
Pola
pola di atas adalah pola pola yang sudah di usulkan tabular dalam
pengembangan pola pola design pattern sebelumnya oleh [Gus99].Dalam
artian Design Patten selalu berkembang dan terencana oleh perkembangan perangkat lunak yang
semakin sistematis pula .
Daftar pustaka:
[Achr03] Achrafi, Rabi.
Requirements Tools. Volere
Requirements Resources;
Atlantic Systems Guild, Inc.
http://www.volere.co.uk/tools.htm ;
http://www.systemsguild.com/GuildSite/Robs/retools.html
[Adib02] Adibowo, Sasmito. Developing Handhelds: Targeting Personal
Digital
Assistant Platforms. Arcle
Technologies Publications. 6 June 2002.
[Alex77] Alexander, Christopher, Ishikawa, Sara, et. al.,
A Pattern Language.
Oxford University Press, New York. 1977.
[Gamm95] Gamma, Erich, Richard Helm, Ralph Johnson, and
John Vlissides.
Design Patterns: Elements of Reusable Object-Oriented
Software.
Addison-Wesley Publishing Company. 1995.
[Gust99] Gustavsson, Andreas, & Mattias Ersson. Formalizing
the Intent of Design
Patterns: An Approach Towards a Solution to The Indexing
Problem.
Uppsala Universitet, Computing Science Department,
Institute of
Technology.
1999.
[Wall00] Wallace, Nathan. Design Patterns in Web
Programming. E-gineer article.
March 8th, 2000.
http://www.e-gineer.com/articles.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar